Jumat, 11 Juni 2010

Anak & Media

Hai, Miiko! Vol. 21 vs Mickey Mouse Clubhouse

Pernah membaca komik yang berjudul Hai, Miiko!? Hm..,mungkin diantara kalian masih banyak yang belum pernah baca. Komik ini menceritakan tentang seorang anak perempuan bernama Miiko yang sangat periang. Nah,,kalau cerita tentang Mickey Mouse kalian udah pernah denger kan??? Sekarang ini film kartun Mickey Mouse dibuat lebih menarik dan lebih seru. Berikut ini sedikit penjelasannya…


Data Umum >> Jenis : Komik
Judul : Hai, Miiko! Vol.21 179 hlm, tahun 2009

Penyampaian content >> Komik Hitam Putih

Content >> Bercerita tentang Miiko saat pembagian rapor, makan sendirian, teman adiknya Momo-chan, penggemar temannya Shimura, Natal yang nyut-nyutan karena sakit gigi, menginap dirumah Miiko, cokelat persahabatan saat valentine dan White Day, dan Miiko yang berbelanja dengan ibunya saat musim semi.

Tujuan/materi yang ingin disampaikan >>
- Belajar bahwa sekolah itu menyenangkan
- Belajar sosial dengan teman-teman di sekolah
- Belajar saling berbagi dengan saudara dan teman-teman
- Belajar untuk rajin merawat gigi
- Belajar tentang kebersaan dalam keluarga

Sasaran pembaca/penonton >> Semua umur namun lebih cocok untuk anak usia sekolah karena anak usia sekolah sudah cukup mampu dalam membaca cerita atau komik.
Cocok untuk anak perempuan karena selain tokoh utama yang berjenis kelamin perempuan, cerita yg disajikan juga lebih berisi tentang hal-hal yang biasa dilakukan oleh anak perempuan.

Pengemasan media (kelebihan & kelemahan)>> Sesuai dengan usia yang dituju, karena diharapkan anak usia sekolah sudah dapat membaca namun tidak untuk anak usia prasekolah.
Dalam cerita mengandung perasaan suka dan cemburu terhadap tokoh dalam komik.

Teori yang relevan >> Sesuai dengan tahap perkembangan hubungan anak dan teman sebaya yaitu Usia 3–12 tahun : anak lebih suka menghabiskan waktu dengan teman bermain sejenis kelamin
Masuk SD : anak bermain, berkelompok & membina persahabatan
Gender mempengaruhi komposisi, ukuran dan interaksi di dalamnya : anak perempuan berkelompok 2–3 orang banyak terlibat percakapan kolaboratif, anak laki-laki berkelompok lebih banyak bermain permainan kasar, kompetitif, mengambil resiko.

Selanjutnya....


Data Umum >> Jenis : Film Kartun
Judul : Mickey Mouse Clubhouse
Durasi : 1:09:22 tahun 2008

Penyampaian content >> Full kartun

Content >> Bercerita tentang Mickey yang senang membantu teman-temannya. Mickey membantu Minie membuat sup untuk diberika pada Goofy yang sedang sakit, membantu Donald yang berubah menjadi katak untuk menemukan Putri yang bisa mengubahnya kembali, dan membantu mencari harpa utnuk membangunkan Minnie yang tertidur akibat mencium mawar tidur.

Tujuan/materi yang ingin disampaikan >>
- Belajar untuk membantu teman
- Belajar berhitung
- Belajar mengenal bentuk
- Belajar mengenal warna
- Belajar mencari jalan keluar dalam suatu masalah
- Belajar berbagi kepada teman-teman yang membutuhkan
- Belajar membedakan ukuran
- Belajar untuk mengingat pesan penting

Sasaran pembaca/penonton >> Cocok untuk anak usia balita dan sekolah karena isi film sangat bermanfaat untuk anak dan dapat melatih anak dalam berhitung dan membedakan bentuk dan ukuran, selain itu film juga mengunakan bahasa inggris sehingga ank juga dapat berlatih menggunakan bahsa inggris.
Cocok untuk semua jenis kelamin, karena tokoh utama mickey mouse yg berjenis kelamin laki-laki dan karakternya yang cukup menarik untuk dilihat dan juga mickey memilki teman laki-laki dan perempuan.

Pengemasan media (kelebihan & kelemahan)>> Dapat membantu anak untuk berlatih berhitung dan berbahasa inggris. Menggunakan lagu-lagu sehingga terlihat lebih menarik.
Untuk anak diatas 7 tahun mungkin sudah tidak tertarik lagi dengan cerita yang disampaikan dalam film tersebut.

Teori yang relevan >> Sesuai dengan teori perkembangan Piaget yaitu tahap Pra Operasional anak mulai belajar tentang warna dan bentuk.
Tahap Operasional Konkret yaitu Pengurutan : kemampuan untuk mengurutkan objek menurut ukuran, bentuk, atau ciri lainnya. Klasifikasi : kemampuan untuk memberi nama dan mengidentifikasi serangkaian benda menurut tampilannya, ukurannya, atau karakteristik lain
Anak sudah mampu untuk malakukan konservasi.

Analisis dari kedua media :
Kedua media sama-sama memiliki manfaat untuk perkembangan anak. Komik Hai, Miiko! Vol.21 ini dapat membantu anak dalam mengembangkan imajinasi dan sosio-emosional pada anak sehingga dapat membantu dalam proses pertemanan pada anak. Komik juga berisi hobi yang positif dan dapat menambah kreativitas anak. Sedangkan film kartun Mickey Mouse Clubhouse ini juga dapat membantu anak untuk mengembangkan kognitifnya yaitu dengan belajar berhitung, dan membedakan bentuk, ukuran dan warna. Serta dapat memberikan emosi yang positif untuk anak dengan ikut bernyanyi dan ikut menggerakkan badan.

Conclusion :
Saya lebih menyukai Mickey Mouse karena dikemas secara lebih menarik dengan menggunakan nyanyian serta dapat membantu anak belajar dengan lebih gembira, anak juga belajar untuk saling membantu dan menjalani hubungan pertemanan yang baik. Sehingga saya menyarankan pada orang tua agar memberikan anak tontonan seperti film kartun Mickey Mouse Clubhouse ini, karena selain dapat menghibur anak film ini juga bermanfaat untuk kognitif anak. Sedangkan komik Hai, Miiko!, menurut saya cukup memberikan manfaat untuk anak. Namun komik ini lebih berisi hiburan dan manfaat sulit untuk ditangkap oleh kognitif anak karena didalam komik juga berisi cerita tentang rasa suka dan cemburu terhadap tokoh dalam cerita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar