Rabu, 16 Juni 2010

Anak dan Sekolah

Salah satu tempat anak mendapatkan pendidikan adalah di sekolah. Di dalam sekolah anak belajar pelajaran yang disediakan oleh kurikulum, dan anak juga belajar bersosialisasi dengan teman-temannya. Pendidikan pada anak harus diberikan sedini mungkin agar anak memilki kesiapan dalam memasuki pendidikan selanjutnya. Untuk anak usia 3-4 tahun metode belajar yang diberikan adalah dengan cara bermain. Biasanya anak memulai pendidikan pertama di TK atau taman kanak-kanak. Taman kanak-kanak merupakan transisi dari kehidupan keluarga ke kehidupan sekolah. Sasaran belajar umum pada TK adalah membuat bahagia kehidupan masa kanak-kanak, pengembangan potensi yang dimiliki anak, serta kelak anak dapat menjadi manusia dewasa yang bahagia dan berfungsi seutuhnya.
Setelah memulai pendidikan di TK, selanjutnya anak akan masuk ke SD atau sekolah dasar. Masa transisi dari TK ke sekolah bukan hal yang mudah untuk anak. Menjadi “anak sekolah” membawa peran dan kewaiban baru pada anak. Anak mengemban peran baru sebagai pelajar, berinteraksi, menjalin hubungan baru, mengadopsi kelompok acuan baru, dan mengembangkan standar baru untuk menilai diri sendiri. Di sekolah anak mendapat sumber ide baru yang kaya untuk membentuk perasaan diri mereka.
Melewati masa kanak-kanak, anak beranjak menjadi remaja dan melanjutkan pendidikan mereka ke sekolah menengah pertama (SMP). Ada beberapa manfaat yang didapat siswa pada masa transisi dari sekolah dasar ke sekolah menengah. Di sekolah menengah, anak cenderung merasa dewasa dan memilki lebih banyak kesempatan untuk menghabiskan waktu dengan teman sebaya. Disini anak mungkin akan tertantang secara intelektual oleh tugas akademik.
Menyelesaikan tugas di sekolah menengah pertama (SMP) anak akan melanjutkan pendidikannya ke sekolah menengah atas (SMA). Disini tingkat kesulitan yang ditemui anak akan semakin tinggi dan di masa sekolah menengah atas ini ketertarikan anak mulai menurun. Banyak siswa SMA yang putus sekolah tidak memiliki keterampilan yang memungkinkan mereka maju di dunia kerja. Selain itu, banyak juga siswa yang lulus SMA dan meneruskan ke jenjang perkuliahan. Dalam proses pembelajaran yang di alami oleh anak, peran orang tua sangat penting untuk mendukung anak dalam menjalani kehidupan sekolahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar